Sabtu, 10 Mei 2014

Tugas IPD


Pengikat- pengikat di dalam perut ?

A. USUS
Pemisahan duodenum dan jejunum ditandai oleh adanya ligamentum treitz yaitu suatu pita muskulo fibrosa yang berperan sebagai Ligamentum Suspensorium (penggantung).

Omentum memilik lipatan-lipatan yang diberi nama yaitu mesenterium yang merupakan lipatan peritoneum lebar menyerupai kipas yang menggantung jejenum dan ileum dari dinding posterior abdomen, dan memungkinkan usus bergerak dengan leluasa.  Omentum majus merupakan lapisan ganda peritoneum yang menggantung dari kurva tura mayor lambung dan berjalan turun kedepan visera abdomen. Omentum biasanya mengandung banyak lemak dan kelenjar limfe yang membantu melindungi peritoneum terhadap infeksi. Omentum minus merupakan lipatan peritoneum yang terbentuk dari kurvatura lambung dan bagian atas duodenum menuju ke hati, membentuk ligamentum suspensorium hepatogastrika dan ligamentum hepatoduodenale .

B.     HATI
Terdapat beberapa ligamen:
·         ligamen falciforme hepatis : memfiksasi hepar ke dinding anterior abdomen. Kekanan akan melanjut sebagai ligamentum coronarium. ke kiri melanjut sebagai ligamentum triangular sinistra. lanjut ke bawah terdapat : fissura ligamentum teretis, incisura ligamenti teretis, ligamentum teres hepatis, dan ligamentum venosum.
·         penggantung: lig. falciforme, lig. teres hepatis, lig. venosum, lig. coronarium, lig. triangular dext et sinistra, omentum minus, lig. hepato-ren, lig. hepato-gaster, lig. hepato-duodenalis.
·         Ligamentum triangulare dextrum et sinistrum, merupakan  ujung kanan ligament hepar yang berbentuk segitiga.
·         Ligamentum sinistrum terletak pada ujung kiri ligament koronar hepar yang berbentuk sesitiga.
·         ligamentum coronarium  hepatis, merupakan lipat-lipat peritoneum dari hati ke diafragma pada tepi area afiksa hepar, atau pada bagian dorsal.
·         Ligamentum falciformes, merupakan lipat peritoneum yang berbentuk sabit antara permukaan parietal hepar dan diafragma serta pada bagian ventral.

C.     LAMBUNG
·         Ligamentum hepatogastrium merupakan bagian omentum minus antara lambung dan hepar.
D.    UTERUS
·         Ligamentum cardinal: mengikat uterus agar tidak turun
·         Lig. Sacro –uterenium  : cegah gerak
·         Lig. Rotundum : tahan agar antefleksi
·         Lig. Latum meliputi tuba , dorsal terdapat ovarium
·         Lig. Infundibulum : menahan tuba falopii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar